Atas anugerah Allah Tritunggal, Yayasan Misi milik GKYJMB sebagai perpanjangan tangan gereja, diberikan Tuhan beban untuk membuka Pos Penginjilan di tengah-tengah kota yang sangat strategis di kawasan Kalimantan Timur. Pada bulan Juni 1996 Yayasan Misi mengutus GI.Steven Djie menjadi perintis untuk membuka POS PI GKYJMB Balikpapan.

Bersama dengan GI Juhari Yohanis, GI. Steven Djie memulai pelayanan di POS PI GKYJMB Balikpapan yang saat itu ibadah pertama di lakukan di ruang tamu pastori yang terletak di Jl.Jend.Sudirman No.490, di sebuah ruko yang berdiri ditengah-tengah jantung kota Balikpapan, dengan jemaat mula-mula POS PI GKYJMB Balikpapan adalah Bpk.Atong (Ngikuti Parangin angin), Ibu San San, Bpk.Andreas Thio dan Keluarga.

Seiring dengan bertambahnya jiwa baru dan anggota simpatisan, POS PI GKYJMB Balikpapan ditahbiskan sebagai POS PI pada tanggal 25 Agustus 1996. Dalam perkembangannya hingga tahun 2000, jumlah jemaat dewasa yang aktif dalam dua kali kebaktian minggu telah mencapai kurang lebih 130 jiwa. Kehadiran GKYJMB di tengah-tengah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur itu menambah jumlah gereja yang ada di kota Balikpapan. Itu berarti GKYJMB merupakan gereja ketiga yang berlatar belakang Mandarin setelah GPMII dan GKKA-I yang sudah terlebih dahulu ada di kora Balikpapan. Sekalipun kehadiran GKYJMB masih relatif baru saat itu dibandingkan gereja-gereja lain, GKYJMB termasuk salah satu gereja yang cukup dikenal dan diterima oleh sesama anggota gereja-gereja, karena keterlibatannya secara aktif di PGIS (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Setempat) dan di BKSGB (Badan Kerjasama Gereja-gereja se-Balikpapan), dan di dalam acara kebersamaan lainnya.

Mengingat fasilitas dan sarana ibadah semakin terbatas, maka KPP (Kelompok Pekerja Pos) pada waktu itu memikirkan untuk mendapatkan tempat yang lebih representative. Dari hasil pergumulan KPP, maka salah satu anggota KPP yaitu Bpk.Andreas Thio menawarkan salah satu ruko di Mal Balikpapan Permai milik beliau untuk dapat di pinjam pakai. Pada bulan Desember 2001 Gereja pindah ke tempat yang baru di Mal BP, dengan ruang ibadah yang lebih luas dan dapat menampung kurang lebih 200 orang.

Seiring perkembangan GKYJMB yang semakin besar dan meluas, dan untuk kepentingan penatalayanan dan pertumbuhan gereja yang lebih baik, maka seluruh jemaat melalui presidium majelis mengadakan sebuah konsensus, dan memutuskan untuk melepaskan diri dari Sinode Gereja Kristus, kemudian berdiri sendiri dengan sinode Gereja Kristus Yesus. Keberadaan Sinode Gereja Kristus Yesus ini disahkan dengan surat Keputusan Depag RI No.DJ III/HK.00.5/113/4577 /2002. Sejalan dengan perubahan nama tersebut, maka GKYJMB Balikpapan kini memakai nama Gereja Kristus Yesus Pos PI Balikpapan.

Setelah enam tahun menempati ruang di Mal BP, pada bulan April 2007 bertepatan dengan perayaan Jumat Agung, Gereja harus pindah ke gedung gereja yang baru, sekalipun bangunan gedung gereja belum selesai dengan tuntas, namun ruang serba gunanya sudah dapat digunakan untuk kegiatan ibadah. Sejak saat itu, seluruh kegiatan dan aktifitas pelayanan sudah dilaksanakan di gedung gereja yang baru dan permanen.

Soft Opening Gereja yang baru dilaksanakan pada perayaan ulang tahun GKY Balikpapan ke XI pada Agustus 2007, oleh Pdt.Dr.Fredy Lay dan Majelis GKYJMB serta Sekum Majelis Sinode Pdt.Dr.Yusuf Pangestu.

Pada Agustus 2008 saat Perayaan Ulang Tahun GKY Balikpapan ke XII, GKY Balikpapan ditingkatkan statusnya dari POS PI menjadi Bakal Jemaat Mandiri.

Seiring dengan perkembangan GKY Balikpapan, tidak terlepas dari dukungan dari hamba-hamba Tuhan yang pernah melayani di Pos tersebut. Hamba-hamba Tuhan yang telah dan masih melayani di GKY Balikpapan adalah :

  1. GI. Steven Djie, Juni 1996 - Januari 1998, sebagai perintis dan Gembala Pos yang perdana di Pos PI Balikpapan.
  2. GI. Juhari Yohanis, Juni 1996 - Januari 1998, sebagai tenaga week end.
  3. GI. Juhari Yohanis, 1998 - 2011, melayani sebagai Gembala di GKY Bajem Balikpapan.
  4. GI. Gabriel K. Gofar dan istri GI. Winda Liberty sebagai Asisten Gembala dan Koordinator IPEKA Balikpapan.
  5. GI. Setia S. Widjaja dan istri GI. Ester Kodongan, Agustus 1999 - Juni 2000
  6. GI. Yanti Ferdy , Oktober 2000 - Juli 2001 dari STT Jaffray Makassar
  7. GI. Lanjasari Tanjung , 2003-2004
  8. GI. Tammy Renata 2005 - 2006
  9. GI. Samuel Sukardi, 2007-2008
  10. GI. Filipus Cornelius, 31 Oktober 2008 - 1 Januari 2015
  11. GI. Leli Trianti Gowijaya, April 2009 - Oktober 2009
  12. Pdt. Chandra Basuki 2011-2012
  13. GI. Katrin Irawati, 2011 - 2013
  14. GI. Lim Kok Hwa 2014 - Saat ini
  15. GI. Paulus Chendi dan istri GI.Elisabeth Lukman, 2014 - Saat ini


© 2016 GKY BALIKPAPAN. All Rights Reserved.